Senin, 31 Oktober 2022

Menerapkan Prinsip Desain User Interface Pada Multimedia Interaktif Berbasis Web Dan Media Interaktif

Prinsip Utama Desain Antarmuka (Interface)





1. User Compatibility




Sebuah software seolah-olah mengenal karakteristik usernya, dari sifat sampai kebiasaan manusiaa secara umum.

Antarmuka merupakan topeng dari sebuah sistem atau sebuah pintu gerbang masuk ke sistem dengan diwujudkan ke dalam sebuah aplikasi software. Oleh karena itu sebuah software seolah-olah mengenal usernya, mengenal karakteristik usernya, dari sifat sampai kebiasaan manusia secara umum.

2. Product Compatibility

Sebuah aplikasi yang bertopengkan antarmuka harus sesuai dengan sistem aslinya. Product Compatibility, istilah ini mengartikan bahwa produk aplikasi yang dihasilkan juga harus sesuai. memiliki tampilan yang sama/serupa. baik untuk user yang awam maupun yang ahli. Sebuah  aplikasi  yang  menggunakan  antarmuka  harus  sesuai  dengan sistem  aslinya.  Seringkali  sebuah  aplikasi  menghasilkan  hasil  yang  berbeda dengan   sistem   manual   atau   sistem   yang   ada.   Hal   tersebut   sangat   tidak diharapkan  dari  perusahaan  karena  dengan  adanya  aplikasi  perangkat  lunak diharapkan  dapat  menjaga  produk  yang  dihasilkan  dan  mampu  menghasilkan produk yang jauh lebih baik.

3. Task compatibility

Sebuah aplikasi yang bertopengkan antarmuka harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnya. berarti fungsional dari task/tugas yang ada harus sesuai dengan tampilannya. Sebuah aplikasi yang menggunakan antarmuka harus mampu membantu para  user  dalam  menyelesaikan  tugasnya.  Semua  pekerjaan  serta tugas-tugas user  harus  diadopsi  di  dalam  aplikasi  tersebut  melalui  antarmuka.   Sebisa mungkin  user  tidak  dihadapkan  dengan  kondisi  memilih  dan  berpikir,  tapi  user dihadapkan  dengan  pilihan  yang  mudah  dan  proses  berpikir  dari  tugas-tugas user dipindahkan dalam aplikasi melalui antarmuka. Contoh : User hanya klik setup,  tekan  tombol  next,  next,  next,  finish,  ok  untuk  menginstal  suatu  perangkat lunak.


4. Work flow compatibility




Sebuah aplikasi sistem sudah pasti mengapdopsi sistem manualnya dan didalamnya tentunya terdapat urutan kerja dalam menyelesaikan pekerjaan. Work flow compatibility adalah Sebuah aplikasi sistem sudah pasti mengapdopsi sistem manualnya dan didalamnya tentunya terdapat urutan kerja dalam menyelesaikan pekerjaanDalam  sebuah  aplikasi, software  engineer  harus memikirkan  berbagai  runutan- rununtan   pekerjaan   yang   ada   pada   sebuah   sistem.   Jangan   sampai   user mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaannya karena user mengalami kebingungan  ketika  urutan  pekerjaan  yang  ada  pada  sistem  manual  tidak ditemukan pada software yang dihadapinya. Selain itu user jangan dibingungkan dengan  pilihan-pilihan  menu  yang  terlalu  banyak  dan  semestinya  menu-menu merupakan    urutan    dari    runutan    pekerjaan.    Sehingga    dengan    workflow compatibility dapat membantu seorang user dalam mempercepat pekerjaannya.

5. Consistency



Sebuah sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk yang dihasilkan. Oleh karena itu software engineer harus memperhatikan hal-hal   yang   bersifat   konsisten   pada   saat   merancang   aplikasi   khususnya antarmuka, contoh : penerapan warna, struktur menu, font, format desain yang seragam  pada  antarmuka  di  berbagai  bagian,  sehingga  user  tidak  mengalami kesulitan  pada  saat  berpindah  posisi  pekerjaan  atau  berpindah  lokasi  dalam menyelesaikan  pekerjaan.  Hal  itu  didasarkan  pada  karakteristik  manusia  yang mempunyai  pemikiran  yang  menggunakan  analogi  serta  kemampuan  manusia dalam  hal  memprediksi.  Contoh  :  keseragaman  tampilan  toolbar  pada  Word, Excell, PowerPoint, Access hampir sama.


6. Familiarity

Sifat manusia mudah mengingat denganhal-hal yang sudah sering dilihatnya/ didapatkannya.
Arti kata "familiarity" Bahasa Inggris dalam Bahasa Indonesia. kb. (j. -ties) 1 keakraban, kebiasaan. F. breeds contempt Keakraban menimbulkan benih kebencian / rasa kurang hormat. Familiarity adalah prinsip desain tentang bagaimana penggunaan komponen-komponen yang umum digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan dan memahami antarmuka. Familiarity merupakan satu dari tujuh belas prinsip desain antarmuka pengguna berdasarkan General Principles of UI Design (Deborah J. Mayhew).

7. Simplicity


Kesederhanaan perlu diperhatikan pada saat membangun antarmuka. Simpility 
adalah kesederhanaan menuntut penciptaan karya yang tidak lebih dan tidak kurang. Kesederhanaan sering juga diartikan ‘tepat’ dan ‘tidak berlebihan’. Pencapaian kesederhanaan mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh.

8. Direct manipulation


User berharap aplikasi yang dihadapinya mempunyai media atau tools yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan pada antarmuka tersebutDirect manipulation pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek pada layer sehingga aktivitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar