Mengenal Komponen Multimedia Interaktif
Multimedia diartikan sebagai penggunaan komputer dalam menyajikan serta menggabungkan teks, gambar, suara/audio, video serta animasi dengan tool (alat bantu) dan link (koneksi) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berkarya, berkomunikasi dan berinteraksi.
Multimedia dipakai di dunia informatika. Selain itu juga dipakai di dunia games serta untuk membuat suatu situs web serta dimanfaatkan di dunia bisnis dan pendidikan. Di dunia bisnis, penggunaan multimedia sebagai pelatihan pada sistem e-learning, profil produk, media profil perusahaan, dan media kios informasi.
Untuk sumber belajar lebih lengkap klik Disini:
Untuk melatih kemampuan anda test lebih lengkap Disini:
Komponen Multimedia
Awalnya multimedia hanya digunakan pada konsumsi indra penglihatan (teks, gambar dinamis, gambar bergerak untuk video dan animasi); konsumsidra pendengaran (suara) dan berwujud (berupa).
Namun sekarang ini ruang lingkupnya semakin berkembang dan semakin menarik yaitu mencakup gerak (kinetik) dan konsumsi dalam penciuman (bau). Multimedia mulai berkembang dengan menambahkan tak terduga setelah mengaplikasikannya pada film 3 dimensi yang dapat membangkitkan rasa nyata/realistis.
Multimedia telah digunakan pada beberapa bidang dalam kehidupan manusia karena fungsi dan fitur yang ditawarkan menarik, terutama dengan kemajuan teknologi yang semakin maju membuat multimedia semakin banyak di lirik sehingga menghasilkan karya yang menarik. Contohnya adalah radio, televisi, komputer dan handphone.
Adapun komponen-komponen multimedia tersebut adalah sebagai berikut:
1. Teks
Teks adalah komponen dari multimedia yang penting untuk menyampaikan suatu informasi, karena teks komponen ini sederhana selain itu tidak memerlukan tempat penyimpanan yang banyak. Teks akan tersimpan dalam bentuk file, yang terdiri dari kata, kalimat dan paragraf/alinea.
Tampilan teks dalam multimedia lebih dikenal dengan nama tipografi, yang merupakan bagian yang penting dalam pembuatan multimedia.
Teks tentu sudah banyak dikenal, terutama bagi pengguna komputer teks merupakan bagian dasar dalam mengolah data serta untuk menyajikan informasi dalam multimedia kepada audiens yang bekerja cepat. Dikarenakan multimedia menyajikannya secara praktis dan efektif yang tidak membutuhkan membaca secara teliti.
2. Gambar/Grafik
Gambar atau grafik akan mempermudah seseorang untuk memahami suatu informasi. Komponen yang satu ini juga memiliki peran penting dalam komponen multimedia. Karena gambar bisa menyajikan dan meringkas data secara kompleks serta mampu menyajikan kata yang mudah dipahami.
Kebanyakan orang lebih tertarik kepada visual, karena itu gambar menjadi sarana yang tepat untuk menyajikan suatu informasi. Gambar pada publikasi multimedia akan menarik perhatian seseorang serta mengurangi rasa bosan dibandingkan dengan membaca teks lengkap.
3. Audio/Suara
Audio/suara memiliki peran penting juga dalam multimedia untutk menyampaikan informasi. Jika tidak ada audio pada multimedia hasilnya kurang lengkap. Biasa dalam multimedia suara/audio dapat berupa musik perekam suara ataupun efek suara lainnya.
Audio yang digunakan untuk memperjelas atau mempertegas suatu informasi yang ingin disampaikan. Contohnya jika ditambahkan efek suara ( sound effect, music , suara yang direkam) dalam suatu video akan menambah daya tarik serta karakteriktik dari gambar atau teks yang terdapat di dalamnya.
Software authoring pada multimedia harus bisa mengontrol playback dan recording. Ada beberapa bentuk file yang tersedia untuk audio seperti MP3, AIFF, AAC, ogg, wav dan wma.
4. Video
Video dalam multimedia adalah gambar yang berurutan, life video, serta full motion. Dimana live video diperoleh dari rekaman dari kamera. Yang dimaksud dengan gerakan penuh yaitu di dalamnya terdapat teknik narasi, karakter yang di rekam dan disimpan sebagai klip video.
Authoring tool bisa menggunakan full motion video, misalnya hasul rekaman dari VCR yang bisa menghasulkan gambar bergerak, selain itu kualitas gambar yang dihasilkan tinggi. Tujuan pembuatan video pada tampilan multimedia sama halnya dengan komponen audio yaitu agar hasilnya lebih menarik dan bagus.
5. Animasi
Kumpulan dari beberapa gambar yang disusun dan ditampilkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambar hidup atau seperti bergerak disebut animasi. Animasi bergerak akan lebih mudah untuk dijangkau dibandingkan gambar atau objek yang diam. Selain lebih menarik, animasi bergerak lebih komunikatif sehingga informasi yang disampaikan lebih mudah dipahami.
Animasi yang digunakan untuk membantu menggambarkan/mengilustrasikan metode, menunjukkan suatu hal yang hidup atau aktif dan memperagakan model. Penggunaan animasi saat ini sudah sangat luas digunakan.
Proses pembuatan animasi sendiri cukup sulit karena hanya orang-orang yang mahir dalam bidangnya, butuh pengalaman yang baik untuk membuatnya. Jika dibandingkan dengan fungsinya yaitu membangun imajinasi seseorang tentu saja merupakan hal yang seimbang.
Dalam pembuatan animasi dengan kualitas standar dengan frame memerlukan sekitar 25 frame perdetik. Saat mengganti frame-frame tersebut penonton akan melihat animasi bergerak. Cara pembuatan frame animasi bisa digunakan dengan manual,fotografi, lukisan (drawing), dan bisa dengan komputer.
5. Tautan Interaktif
Komponen yang terakhir merupakan interaktif link. Komponen ini berguna untuk menyempurnakan multimedia. Mengapa? lihat penjelasan dibawah ini agar kamu tahu alsannya.
Sebagian multimedia maksudnya, maksudnya adalah user dapat menekan objek atau mouse pada layar teks misalnya atau botton yang menyebabkan program melakukan suatu perintah yang di tekan.
Interaktif link sering dengan hypermedia. Arti spesifiknya berkaitan dengan hypertext (hotword), hypergraphics, hypersound yang dapat menjelaskan jenis informasi tersebut.
Komponen interaktif link ini berguna untuk menggabungkan beberapa elemen atau komponen sehingga menghasilkan informasi yang bagus dan terpadu. Cara untuk mengakses suatu informasi di multimedia yaitu bisa linier dan non linier.
B. Multimedia memiliki banyak manfaat yang beragam seperti berikut :
1. Industri Kreatif
Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, dan untuk seni komersial.
2. Komersial
Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia.
3. Hiburan dan Seni Rupa
Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia, baik terdistribusi dalam CD-ROM maupun online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.
4. Pendidikan
Dalam pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis komputer dan buku referensi, seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar yang terkait dalam berbagai format informasi. Informal Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan multimedia. Belajar teori dalam dekade terakhir telah berkembang dramatis karena pengenalan multimedia.
5. Teknik
Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan simulasi komputer untuk sebagai hiburan dan pelatihan, seperti pelatihan militer dan industri. Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara kreativitas dan perangkat lunak.
6. Perindustrian
Disektor industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja, dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan, dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.
7. Matematika dan Penelitian Ilmiah
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai teurtama untuk modelling dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan dapat melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan dijurnal seperti Journal of Multimedia.
8. Kesehatan
Dalam pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.
9. Gambar Dokumen
Pengambil foto copy/dokumen dan mengonversi ke dalam format digital. Konsep multimedia interaktif memiliki beberapa bagian klik disini untuk mengetahui lebih jelas.